ZAMAN RENAISSANCE



A. Faktor-Faktor Munculnya Renaissance

            Renaissance berasal dari bahasa Perancis yaitu dari dua suku kata Re + Sance, yang  berarti kembalinya sains atau lahirnya kembali kebudayaan Yunani-Romawi dari masa kegelalapan. Latar belakang dari Renaissance adalah Eropa mengalami masa kegegelan karena kepentingan pemikiran yang dikusai oleh para pemimpin Gereja

Middle Age merupakan zaman dimana Eropa sedang mengalami masa suram. Berbagai kreativitas sangat dimonopoli oleh gereja. Dominasai gereja sangat kuat dalam mengatur aspek kehidupan. Agama Kristen sangat mempengaruhi berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Seolah raja tidak mempunyai kekuasaan, justru malah gereja lah yang mengatur pemerintahan. Berbagai hal diberlakukan demi kepentingan gereja, tetapi hal-hal yang merugikan gereja akan mendapat balasan yang sangat kejam. Contohnya, pembunuhan Copernicus mengenai teori tata surya yang menyebutkan bahwa matahari pusat dari tata surya,
tetapi hal ini bertolak belakang dari gereja sehingga Copernicus dibunuhnya.

            Latar belakang munculnya Renaissance adalah sebagai usaha pembaharuan kebudayaan Romawi dan Yunani yang pada masa abad tengah / masa kegelapan sempat dilupakan, yaitu tipe manusia yang otonom dan mandiri. Pada abad 12 ada suatu penemuan kembali literatur Yunani dan Romawi yang terjadi di seluruh Eropa
           
Pemikiran manusia pada Abad Pertengahan ini mendapat doktrinasi dari gereja. Hidup seseorang selalu dikaitkan dengan tujuan akhir (ekstologi). Kehidupan manusia pada hakekatnya sudah ditentukan oleh Tuhan. Maka tujuan hidup manusia adalah mencari keselamatan. Pemikiran tentang ilmu pengetahuan banyak diarahkan kepada theology. Pemikiran filsafat berkembang sehingga lahir filsafat scholastik yaitu suatu pemikiran filsafat yang dilandasi pada agama dan untuk alat pembenaran agama. Oleh karena itu disebut Dark Age atau Zaman Kegelapan.

            Menurut Ernst Gombrich munculnya renaissance sebagai suatu gerak kembali di dalam seni, artinya bahwa renaissance tidak dipengaruhi oleh ide-ide baru. Misalnya, gerakan Pra-Raphaelite  merupakan gerakan kesederhanaan primitive.

Menurut Prancis Michel De Certeau renaissance muncul karena bubarnya jaringan-jaringan sosial lama dan pertumbuhan elite baru yang terspesialisasi sehingga gereja berusaha untuk kembali mendesak kendali dan manyatukan kembali masyarakat dengan cara mempersatukan kembali gereja yang terpecah-belah akibat skisma (perang agama).

Renaissance muncul dari timbulnya kota-kota dagang yang makmur akibat perdagangan mengubah perasaan pesimistis (zaman Abad Pertengahan) menjadi optimistis. Hal ini juga menyebabkan dihapuskannya system stratifikasi sosial masyarakat agraris yang feodalistik.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa Renaissance lahir sebagai pembaharu untuk membentuk manusia yang mandiri, utuh, otonom, dan bertanggungjawab. Pola pikir abad tengah ( terbelenggu ajaran gereja ; disalahgunakan ) diganti dengan pola pikir rasional baik SDA maupun SDM nya sehingga manusia bisa berkembang

Adapun product-product renaissance diantara lain adalah sebagai berikut :
·         Humanisme
·         Ilmu Pengetahuan
·         Sekolah-Sekolah baru

B. Tipologi Renaissance

Renaissance merupakan ujung tombak dari sebuah peradaban modern di Eropa. Esensi dari semangat renaissance salah satunya adalah pandangan manusia bukan hanya memikirkan nasib di akhirat seperti abad pertengahan, akan tetapi mereka harus memikirkan kehidupan didunia dari pemikiran yang pesimistis menjadi optimistis, karena nasib dalam kehidupan ini ditentukan oleh kekuatan berpikir bukan karena takdir Tuhan. Nasib manusia di tangan manusia, penderitaan, kesengsaraan dan kenistaan di dunia bukanlah takdir Allah melainkan suatu keadaan yang dapat diperbaiki dan diatasi oleh kekuatan manusia dengan akal budi, otonomi dan bakat-
baktnya. Manusia bukan budak melainkan majikan atas dirinya.

Adapun kota-kota di Italia sebagai pelopor renaissance :
ü  Republik Venice
ü  Tanah Bangsawan Milan,
ü  Republik Florence
ü  Negara Papal,
ü  Kerajaan Naples dll.

C. Tokoh-Tokoh Renaissance

            Tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh dalam zama renaissance :

a)      Dante Alighiere (1265-1321)
b)      Lorenzo Valla (1405-1457)
c)      Niccolo Machiavelli(1469-1527)
d)     Boccacio (1313-1375)
e)      Francesco Petrarca (1304-1374)
f)       Desiderius Erasmus (1466-1536)

D. Sumbangan Renaissance Kepada Eropa
             Sumbangsi Renaissance untuk Negara Eropa diantaranya adalah :

a)      Kemunculan aliran pemikiran yang mementingkan kebebasan akal seperti alirn baru Eropah hingga abad ke 18 seperti Humanisme, rasionalisme, nasionalisme dan absolutisme berani mempersoalkan kepercayaan dan cara pemikiran lama yang diamalkan selama ini secara langsung melemhkan kekuasaan golongan feudal.


b)      Renaissance telah membentuk masyarakat perdagangan yang berdaya maju.Keadaan ini telah melemahkan kedudukan dn kekuasaan golongan feudal yang sentiasa berusaha menyekat perkembangan ilmu dan masyarakat di Eropah.

c)      Melahirkan ahli-ahli sains terkenal seperti Copernicus dan Galileo.

d)     Renaissance telah melahirkan masyarakat yang lebih progresif dan wujud semangat inquiri sehingga membawa kepada aktiviti penjelajahan dan penerokaan.

e)      Selain itu, Renaissance telah melahirkan tokoh-tokoh perubatan di Eropah.Antara tokoh perubatan terkenal iaitu William Harvey yang telah memberi sumbangan dalam kajian peredaran darah.


f)       Melahirkan tokoh-tokoh pemikir seperti Leonardo de Vinci yang terkenal sebagi pelukis, pemuzik dan ahli falsafah serta jurutera. Michelangelo merupakan tokoh seni, arkitek, jurutera, penyair dan ahli anotomi.


Hubungi Kami