Pengertian dan Fungsi Beasiswa


Pengertian dan Fungsi Beasiswa

            Beasiswa memiliki arti sebagai bantuan yang diberikan pada maha siswa dalam bentuk dana atau uang yang akan digunakan untuk membantu proses pendidikan. Sesuai dengan terminology dalam kamus besar Bahasa Indonesia, beasiswa adalah “tunjangan yang diberikan kepada pelajar dan mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar”. Beasiswa dimaksudkan sebagai bantuan yang diberikan pada maha siswa dalam bentuk dana atau berupa uang yang dapat digunakan untuk membantu keperluan proses pendidikan.

             Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Pemberian beasiswa dapat dikategorikan pada pemberian cuma cuma ataupun pemberian dengan ikatan kerja (biasa disebut ikatan dinas) setelah selesainya pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda.

            Beda tergantung pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut. Beasiswa juga ditujukan untuk mengantisipasi mahalnya memperoleh pendidikan yang diharapkan memenuhi segala kebutuhan dalam proses belajar agar pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik.

            Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa beasiswa berfungsi sebagai bantuan dana bagi maha siswa yang kurang mampu maupun yang berprestasi untuk memperoleh pendidikan yang layak yang diberikan oleh suatu lembaga pemerintah maupun swasta. Prestasi belajar dan beasiswa bidikmisi penelitian ini berjudul “Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bidikmisi pada mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta”.

            Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bidikmisi di Bina sarana informatika angkatan 2013 dan 2014, (2) Apakah penerima Beasiswa Bidikmisi di Bina sarana informatika Jakarta telah tepat sasaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Bidikmisi di Bina sarana informatika Jakarta. (2) Untuk mengetahui apakah penerima beasiswa Bidikmisi di Bina sarana informatika Jakarta telah tepat sasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah deskriptif.

             Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi di Bina sarana informatika angkatan 2013 dan 2014 sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerima Beasiswa Bidikmisi di Bina sarana informatika Jakarta angkatan 2013 dan 2014 memiliki prestasi yang bagus dan berasal dari keluarga yang kehidupan ekonominya kurang mampu.




Hubungi Kami